Soal Pansus Jiwasraya, MPR serahkan sepenuhnya ke DPR

MPR mendorong DPR untuk meningkatkan pengawasan lebih ketat.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo berpose usai wawancara khusus untuk Kantor Berita Antara di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/10)/Antara Foto.

Hampir mayoritas fraksi di DPR RI mendukung wacana pembentukan Panitia Khusus (Pansus) PT Asuransi Jiwasraya (Persero), meski dikabarkan masih ada sejumlah fraksi yang belum sepakat, seperti PDIP, Golkar, PAN, dan PKB.

Merespons hal ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pimpinan MPR sepakat mendukung dibentuknya pansus tersebut, karena pada prinsipnya, Pimpinan MPR RI mendorong segala peningkatan pengawasan kasus-kasus seperti Jiwasraya.

"Bagi kami di MPR, kami mendorong DPR untuk meningkatkan pengawasan lebih ketat lagi," ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/1).

Pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut, baik dalam membentuk pansus atau panitia kerja (panja), ke DPR. Bamsoet memastikan MPR mendukungnya.

Bagi MPR, lanjut Bamsoet, yang terpenting output dari pansus tersebut karena semua kejahatan dalam kasus Jiwasraya harus terbongkar dan tidak terulang kembali.