Suharso rilis buku Knowledge Sharing Pembangunan Daerah

Buku ini merupakan salah satu upaya Bappenas dalam memotret pembangunan daerah berserta inovasinya.

Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, saat peluncuran buku Knowledge Sharing Pembangunan Daerah: Praktik-Praktik Cerdas, Kamis (25/11/2021). Tangkapan layar kanal YouTube Bappenas RI/Alinea.id/Siti Nurjanah

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, meluncurkan buku Knowledge Sharing Pembangunan Daerah: Praktik-Praktik Cerdas dan menyerahkan Piala Penghargaan Pembangunan Daerah (PDP) 2021, Kamis (25/11).

“Pada prinsipnya sebenarnya, knowledge sharing dari praktik-praktik cerdas, praktik-praktik baik oleh pemangku-pemangku kepentingan dan khususnya para pemimpin daerah itu beragam. Saya kelompokan menjadi tiga, ada yang punya gagasan-gagasan orisonalitas yang berawal dari kebijakan efektif yang ingin diterapkan, jadi intinya adalah inovasi dalam hal kebijakan,” ucap Suharso.

Dia mengatakan, buku ini merupakan salah satu upaya Bappenas dalam memotret pembangunan daerah berserta inovasinya. Selain itu, bermaksud memberikan inovasi dan memperluas manfaat bagi daerah lainnya dalam pembangunan daerah.

"Yang kedua, yang saya lihat adalah praktik-praktik baik yang dilakukan pemerintah daerah [pemda]. Kalau tadi di ujungnya, sekarang di tengah-tengah, yaitu memperbaiki pengeloaan, jadi gagasan yang mengubah sedikit manajemen,” jelasnya.

“Kalau tadi berkait dengan yang telah melekat, tersedia, maka yang ketiga ini adalah mengubah sesuatu yang ada, diubah luar biasa menjadi sesuatu yang seakan-akan baru,” imbuhnya.