Survei: UAS paling didengar, popularitas Rizieq Shihab menurun

"Ustaz Abdul Somad adalah ulama yang paling didengar suaranya atau imbauannya dari lima ulama yang berpengaruh."

Ustad Abdul Somad memberikan tausiah pada tablig Akbar di Lapangan upacara Lhoksukon, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Minggu (11/11)./Antara Foto

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan, tokoh agama memiliki pengaruh elektoral paling kuat di masyarakat. Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman mengatakan, hal ini diamini semua segmen pemilih.

"Responden yang menyatakan tokoh agama paling kuat pengaruhnya, merata di semua segmen pemilih seperti yang berpendidikan tinggi-rendah, berpendapatan tinggi dan 'wong cilik', pemilih milenial maupun lansia, dan semua segmen pemilih parpol dan capres," kata Ikrama saat merilis hasil survei LSI terbaru di kantornya, Rabu (14/11).

Dia menyebut, 51,7% pemilih menyatakan sangat mendengar imbauan dari tokoh agama (ulama, pastor, biksu dll). Sedangkan tokoh lain hanya di bawah 20% saja.

Hasil survei LSI mengungkap, Ustaz Abdul Somad menjadi tokoh agama paling didengar. Selain soal keagamaan, imbauan Somad juga menjadi referensi politik bagi masyarakat pemilih. 

"Ustaz Abdul Somad adalah ulama yang paling didengar suaranya atau imbauannya dari lima ulama yang berpengaruh, yaitu sebesar 30,2%," kata Ikrama.