Tim Ahli Cagar Budaya DKI bantah rekomendasikan Monas untuk Formula E

Tim Ahli Cagar Budaya sebut tak pernah mengeluarkan surat rekomendasi Fomula E di Monas.

Pekerja berjaga saat dilakukannya penanaman pohon di lokasi revitalisasi Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (4/2). Foto Antara/Dhemas Reviyanto/nz

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta memastikan tidak pernah mengeluarkan rekomendasi untuk penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E di kawasan Medan Merdeka Monas. Pasalnya Monas merupakan kawasan cagar budaya.

"Tidak pernah ada rekomendasi," kata anggota TACB DKI Danang Priatmodjo di Jakarta, Kamis (13/2).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang pernah memanggil Ketua TACB DKI Mundardjito ke Balai Kota DKI pada Jumat pekan lalu. Dalam kesempatan itu, Gubernur Anies meminta masukan kepada Mundardjito terkait dengan rencana DKI menyelenggarakan balap mobil listrik di kawasan Monas.

Saat itu, TACB menyarankan Gubernur untuk tidak menggunakan kawasan Monas sebagai lokasi sirkuit balapan mobil tersebut. "Pandangan kami, tidak layak diselenggarakan di Monas. Ini simbol negara," kata dia.

Monas tidak layak dijadikan sirkuit Formula E karena selain lokasi kawasan cagar budaya juga berada tepat di depan Istana Negara.