Tangani Covid-19, Pemprov Jateng siapkan Rp1,4 trilun 

Dana yang dialokasikan tersebut berasal dari berbagai pos anggaran.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memberikan keterangan pers terkait Covid-19 kepada wartawan di rumah dinas Gubernur Jateng, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (15/3). Foto Antara/Aji Styawan/aww.

Pemprov Jawa Tengah (Jateng) alokasikan anggaran Rp1,4 triliun untuk penanganan Covid-9. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengaku, dalam minggu ini keputusan bisa diketok oleh DPRD Jateng. Sebab, pihaknya sudah menyiapkan beberapa skenario untuk penanganan coronavirus.

"Setelah kami kalkulasi rinci, anggaran Pandemic Respon. Kami, butuh Rp1,4 triliun minimal dan itu harus ada. Tidak boleh turun dari situ," kata Ganjar di Semarang, Jateng, Minggu malam (29/3).

Menurut politikus PDIP itu, anggaran diperuntukkan sebagai jaring pengaman sosial dan jaring pengaman ekonomi. Jadi, sifatnya ada yang langsung dikonsumsi, seperti bantuan sembako untuk masyarakat miskin dan pemberdayaan masyarakat dengan diajak bekerja.

Sebagai contoh, kata dia, Pemprov Jateng, akan memberikan bantuan langsung tunai kepada 1,8 juta orang yang belum masuk data warga miskin. Namun, besarannya masih dihitung.

Jadi, kata Ganjar, masyarakat yang belum mendapatkan bantuan program keluarga harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan kelompok risiko rentan. "Dana akan diberikan untuk tiga bulan ke depan. Jadi, menjamin kelangsungan hidup warga selama pandemi Covid-19," ujarnya.