TNI AD kerahkan 1000 personel bantu penanganan pascagempa Cianjur

Personel TNI yang dikerahkan dari satuan terdekat seperti Yonif Raider 300 hingga Kodim 0608 Cianjur.

Ilustrasi Prajurit TNI siap menjalankan tugas. Foto Antara.

TNI Angkatan Darat (AD) menerjunkan personelnya untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB. Hingga saat ini, dilaporkan sekitar 1.000 orang prajurit telah dikerahkan ke lokasi terdampak gempa.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Hamim Tohari mengatakan, personel dikerahkan dari satuan terdekat, seperti Yonif Raider 300 hingga Kodim 0608 Cianjur.

"Sampai pagi tanggal 22 November 2022, sekitar 1.000 orang prajurit dari satuan-satuan TNI AD terdekat seperti Yonif Raider 300, Yonarmed-5 dan Kodim 0608 Cianjur telah digerakkan untuk membantu penanganan awal pascagempa bumi yang terjadi di Cianjur pada Senin 21 November 2022," kata Hamim dalam keterangannya, Selasa (22/11).

Hamim menyebut, pihaknya akan kembali menerjunkan personel tambahan untuk memberikan bantuan penanganan lanjutan bagi masyarakat terdampak gempa Cianjur. Disebutkan, yakni untuk penanganan kesehatan, hingga pendirian dapur umum yang akan dilakukan oleh personel yang dikerahkan ke lokasi bencana.

"Hari ini akan digerakkan lagi satuan-satuan pelayanan untuk membantu penanganan lanjutan seperti satuan kesehatan, bekang untuk mendirikan dapur umum serta zeni," ujarnya.