TNI dan Polri bentuk tiga ring pengamanan di Gedung DPR

Aparat gabungan TNI dan Polri juga melakukan pengamanan di sejumlah objek vital.

Suasana pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Antara Foto

Aparat gabungan dari TNI dan Polri dikerahkan untuk melakukan pengamanan di sekitar objek vital yang ada di Jakarta. Selain tempat pelantikan anggota DPR, MPR dan DPD, objek vital yang diamankan adalah Istana Negara dan sentra perekonomian.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengklaim personel aparat gabungan yang dikerahkan untuk menjamin keamanan selama jalannya pelantikan anggota dewan berjumlah puluhan ribu. 

“Rinciannya, sekitar 16.400 berasal dari anggota Polri. Kemudian dari TNI ada sekitar 7.800 personel,” kata Dedi saat dihubungi di Jakarta pada Selasa, (1/10).

Dedi menyebut, pola pengamanan untuk menjaga objek vital seperti gedung DPR/MPR dilakukan dengan cara tiga ring. Tak hanya itu, di sekitar jalan raya juga telah dikerahkan pasukan lalu lintas, shabara, gaktur, dan patroli.

“Ada tiga ring. Ring satu di dalam tempat kegiatan pelantikan anggota dewan. Ring dua di Gedung DPR, dan ring tiga di halaman parkir,” tuturnya.