Tuan tanah, Nurdin Abdullah punya kekayaan Rp51 miliar

Dari LHKPN, kekayaan Nurdin didominasi oleh kepemilikan tanah dan bangunan sebesar Rp49,3 miliar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Portal Provinsi Sulawesi Selatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah pada Jumat (26/2) tengah malam. Nurdin tertangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK.

Saat ini, diketahui Nurdin telah tiba di Gedung Merah Putih KPK untuk menjalankan pemeriksaan. Lalu, berapa sebenarnya kekayaan Nurdin Abdullah?

Dilansir dari laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN), Nurdin Abdullah memiliki total harta 51,3 miliar. Kekayaan Nurdin didominasi oleh kepemilikan tanah dan bangunan sebesar Rp49,3 miliar.

Diketahui, sejumlah 54 tanah dan bangunan milik Nurdin tersebar di Kota Makassar, Tangerang, Soppeng, dan Bantaeng. Sebuah tanah dan bangunan seluas 6.300 meter persegi di Kota Makassar, menjadi aset termahal milik Nurdin, dengan nilai Rp10,104 miliar.  

Sementara, harta lainnya milik Nurdin adalah sebuah mobil Toyota Alphard keluaran 2016 senilai Rp300 miliar. Selain itu, Nurdin juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp271 juta, kas dan setara kas senilai Rp267 juta, dan harta lainnya senilai Rp1,15 miliar.