Ucapan terima kasih Ketua MPR untuk Prabowo dan Sandiaga Uno

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dianggap telah bersikap sebagai negarawan dalam menerima hasil Pemilu 2019.

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berjalan bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan (ketiga kiri) setibanya di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta. Antara Foto

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Zulkifli Hasan, menyampaikan terima kasih kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada pembukaan sidang MPR kelima.

Zulkifli mengakui, MPR sebagai lembaga negara permusyawaratan yang menjalankan mandat rakyat, telah ikhlas terkait hasil Pemilihan Umum 2019. Karena itu, dia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua peserta pemilu 2019. 

"Kami atas nama pimpinan dan anggota MPR mengucapkan selamat kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin yang telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiaga Uno, kami ucapkan terima kasih atas sikap kenegarawanan yang telah bapak tunjukan,” kata Zulkifli di pembukaan sidang MPR, Jumat (16/8). 

Dalam pidatonya, Zulkilfi mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menerima hasil Pemilihan Umum 2019 dengan lapang dada. Pasalnya, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden harus dipahami sebagai kompetisi antar saudara dan sesama anak bangsa. 

Lebih lanjut, dia mengatakan, MPR adalah representasi dari daulat rakyat yang menjembatani berbagai aspirasi masyarakat dan daerah yang mengedepankan etika politik kebangsaan dengan selalu berusaha  menciptakan suasana harmonis antar kekuatan sosial politik dan antar kelompok kepentingan untuk mencapai sebesar-besarnya kemajuan bangsa dan negara.