Usai kena OTT, KPK tetapkan Bupati Lampung Utara tersangka

Selain Agung, KPK juga menetapkan lima orang lainnya. Mereka adalah pihak yang terjaring OTT KPK.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan (kanan) menunjukkan barang bukti uang terkait operasi tangkap tangan ( OTT) Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara di Gedung KPK, Jakarta. Antara Foto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek di Dinas PUPR dan Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara.

Selain Agung, KPK juga menetapkan lima orang lainnya yakni, Raden Syahril selaku orang kepercayaan Agung; Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lampung Utara, Syahbuddin; Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara, Wan Hendri; dan dua orang dari pihak swasta, Chandra Safari dan Hendra Wijaya Saleh.

Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan, menerangkan penetapan tersangka itu setelah keenamnya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Minggu, (6/10) malam.

"KPK menyimpulkan adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi menerima hadiah atau terkait proyek di Dinas PUPR dan Dinas Perdagangan di Kabupaten Lampung Utara dan menetapkan 6 orang tersangka," kata Basaria saat konfrensi pers, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (7/10).

Dalam OTT itu, tim penindakan berhasil mengamankan uang sebesar Rp728 juta. Diduga, uang ini untuk memuluskan sejumlah proyek pada Dinas PUPR dan Dinas Perdagangan di Kabupaten Lampung Utara.