Menkes: Vaksinasi produk sosialis yang pentingkan keselamatan orang banyak

Untuk melindungi sebanyak mungkin orang tanpa memandang status sosial ekonominya.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers. Foto dok Setkab

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, program vaksinasi yang dilakukan berbagai negara, termasuk Indonesia, merupakan produk sosialis yang mementingkan keselamatan orang banyak di atas kepentingan individu.

Langkah itu penting untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok. Proses vaksinasi tersebut harus dilakukan secara bersama-sama bagi seluruh rakyat di dunia tanpa terkecuali.

"Vaksinasi disuntikan untuk membangun herd immunity. Ini bukan produk Individu, tetapi ini produk sangat sosialis. Vaksin bukan hanya lindungi diri sendiri tetapi untuk lindungi keluarga kita, tetangga kita, melindungi seluruh rakyat Indonesia dan melindungi seluruh umat manusia di seluruh dunia," katanya dalam CEO Forum Kompas, Kamis (21/1).

Budi mengatakan, sekaya apapun suatu negara dan dapat membeli vaksin sebanyak apapun. Namun jika negara-negara lainnya tidak dapat memberikan vaksin bagi warganya hal tersebut akan percuma, sebab kemungkinan akan tertular virus kembali akan terjadi.

Hal itulah yang menjadi filosofi dasar dari program vaksinasi Covid-19, untuk melindungi sebanyak mungkin orang tanpa memandang status sosial ekonominya.