Wamena mulai kondusif, aktivitas ekonomi sudah berjalan

Sejumlah tempat usaha dan pasar tradisional di Wamena sudah mulai kembali buka.

Sejumlah pedagang berjualan di Pasar Sinakma, Wamena, Papua, Rabu (2/10/2019). Pascaaksi unjuk rasa yang berujung anarkis, aktivitas perdagangan di sejumlah pasar di Wamena mulai kembali normal. Antara Foto

Kondisi Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, disebut mulai kondusif. Aktivitas ekonomi di sana juga sudah berjalan. Demikian disampaikan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin.

Nagbalin, demikian pria itu akrab disapa, mengaku mengetahui informasi itu setelah menerima sambungan telepon secara langsung dari keluarganya yang tinggal di Wamena.

“Alhamdulillah hari ini warga di sana sudah hidup dengan baik. Saya bisa bilang begitu karena keluarga saya di sana, ada ipar saya, paman saya, tinggal di Wamena,” kata Ngabalin di Jakarta Pusat, Jumat (4/10).

Hal yang sama dikatakan Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letkol Cpl Eko Daryanto. Menurut dia, situasi dan kondisi Wamena sudah mulai kondusif dan perekonomian kembali normal pasca kerusuhan anarkis pada Senin (23/9).

“Pasca kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, 23 september 2019, membuat belasan ribu warga mengungsi di 34 posko, namun setelah sepekan situasi dan kondisi di Wamena sudah mulai kondusif,” kata Eko.