Wiranto janjikan BAP para aktor kerusuhan 22 Mei 

Informasi terkait perencanaan aksi kerusuhan dan para tersangka bakal diungkap kepolisian, Selasa (11/6) besok.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memberikan keterangan kepada media di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (10/6). /Antara Foto

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku telah meminta kepolisian menyiapkan beragam informasi terkait para aktor aksi kerusuhan 21-22 Mei. Informasi terkait kerusuhan tersebut bakal diungkap ke publik, Selasa  (11/6) besok. 

"Besok akan disampaikan ke publik. Bukan informasi lagi, tapi berita acara pemeriksaan (BAP)-nya (para tersangka)," ujar Wiranto kepada wartawan di gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (10/6). 

Wiranto mengatakan, Polri telah mengantongi identitas pihak-pihak yang berada di balik aksi kerusuhan 21 dan 22 Mei. Ia pun telah meminta Polri memberikan keterangan terperinci mengenai tokoh-tokoh yang ditangkap dan alasan penangkapan tersebut. 

"Jadi, saya minta langsung dijelaskan secara lengkap. Jadi, jangan khawatir. Kita akan menjelaskan. Supaya apa? Supaya tidak ada kesimpangsiuran," kata Wiranto.  

Setidaknya 8 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam aksi unjuk rasa berbalut kerusuhan di sejumlah titik di Jakarta pada 21 dan 22 Mei. Polisi telah menangkap lebih dari 400 orang tersangka kasus kerusuhan tersebut.