Wiranto jemput dan ajak pengungsi kembali ke Wamena

Wiranto memastikan kondisi di Wamena sudah kembali aman dan kondusif.

Pengungsi menunggu pesawat Hercules di Bandara Wamena, Papua, Kamis (3/10)./ Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, menjemput para pengungsi Wamena yang ada di posko pengungsi di Gedung Megantara, Lanud Silaspapare, Jayapura, Papua. Wiranto mengatakan, situasi di Wamena sudah kondusif sehingga masyarakat tak perlu lagi khawatir dengan kondisi keamanan di wilayah tersebut. 

"Kita lihat pagi ini ada 102 orang yang dipulangkan ke Wamena, jadi bisa disimpulkan bahwa situasi di sana sudah aman dan kondusif. Jangan takut kembali ke Wamena," kata Wiranto dalam keterangan resminya, Rabu (9/10).

Para pengungsi yang sudah bertahan di posko pengungsian selama seminggu terakhir, dipulangkan ke Wamena menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara. Terdapat 126 jiwa, anak-anak dan dewasa, yang mengungsi di Gedung Megantara Lanud Silaspapare. 

Wiranto juga mengimbau agar para pengungsi yang masih berada di Jayapura maupun di kampung halaman, agar segera kembali ke Wamena.

"Kita bisa lihat bahwa warga sudah rindu untuk kembali memulai kembali usaha yang sudah dirintis bertahun tahun lalu. Mereka yakin bahwa hidup mereka ada disana," katanya.