Yasonna: Lapas Kelas I Tangerang over capacity 

Penghuni Lapas Tangerang ini mencapai 2072 orang. Padahal, menurut smslap.ditjenpas.go.id, kapasitas lapas ini hanya untuk 600 tahanan.

Menkumham Yasonna Laoly (baju merah) saat konferensi pers di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021). Foto Alinea.id/Dave Linus Piero

Lapas I Tangerang yang terbakar pada Rabu (8/9) dini hari ternyata kelebihan penghuni alias over capacity. Hal ini diutarakan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly saat menyambangi lapas.

"Lapas Tangerang ini over kapasitas hingga 400%," ungkap Yasonna Laoly saat konferensi pers usai mengecek kondisi terkini lapas, Rabu (8/9).

Yasonna menyabutkan bahwa kasus over kapasitas ini adalah kasus klasik. "Kami bertahun-tahun over kapasitas, itu masalah klasik," ucap Yasonna. 

Oleh karena itu, pihaknya sudah mengajukan revisi UU Narkotika supaya para pemakai narkoba direhabilitasi, bukan dipenjara. Upaya itu dinilai bisa mengurangi kasus over kapasitas di lapas karena pertumbuhan kasus narkoba tidak diimbangi dengan penambahan kapasitas lapas.

Menurutnya, membangun sebuah lapas tidaklah mudah. Sistem keamanan harus diperhatian. Selain itu, membutuhkan dana yang besar untuk membuat lapas dengan kualitas bagus.