Arnold van der Vin, kiper Belanda di timnas Indonesia

Apakah dia pemain timnas sepak bola Indonesia yang dinaturalisasi pertama?

Aksi Arnold van der Vin saat indonesia menang 3-1 melawan Hong Kong./Foto Limburgsch, 25 Mei 1955

Pertandingan sepak bola persahabatan antara kesebelasan Aryan Gymkana asal India melawan tim nasional Indonesia di Lapangan Ikatan Atletik Djakarta (Ikada)—sekarang jadi bagian dari kompleks Monumen Nasional (Monas)—Jakarta pada 10 Mei 1952 berlangsung seru. Jual-beli serangan terjadi.

Perdana Menteri Wilopo memberi tendangan kehormatan sebagai pertanda pertandingan dimulai. Stadion yang berkapasitas 15.000 penonton itu penuh, bahkan tak bisa menampung. Penonton berhamburan ke tepi lapangan, tak bisa dicegah aparat.

Pemain Aryan Gymkana begitu gesit. Uniknya, hanya tiga orang yang memakai sepatu, selebihnya tak beralas kaki. Sorak-sorai penonton pecah kala Indonesia membobol gawang lawan, sebelum babak pertama berakhir. Di babak dua, pemain Aryan Gymkana memborbardir gawang timnas Indonesia.

“Sesudah mengaso, India menggunakan taktik melemahkan lawan dengan permainan yang ulet dan sistem maju lari, tetapi kiper van der Vin selalu awas dan dapat menolong regunya dari serangan berbahaya,” ujar narator cuplikan pertandingan itu, dalam dokumentasi video Arsip Nasional RI.

Dalam laga tersebut, van der Vin jadi sorotan karena begitu tangguh di bawah mistar. Namun, akhirnya gawangnya kebobolan juga. Skor akhir 1-1.