Bawa Ferrari ke posisi ketiga, Leclerc-Sainz pilih damai

Kedua pembalap sempat berbeda pendapat soal eksekusi perintah tim selama balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez.

Mobil Ferrari nomor 55 yang dikendarai oleh Carlos Sainz dalam ajang F1 Grand Prix Mexico City 2021 di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Mexico pada Senin (8/11) pukul 02.00 WIB (Minggu (7/11) pukul 13.00 waktu setempat). Sumber: Twitter @ScuderiaFerrari.

Tim Formula One Ferrari yang sebelumnya duduk di peringkat keempat Constructors’ Standings Formula One kini telah menyalip posisi ketiga dari pemeringkat sebelumnya, yakni tim McLaren-Mercedes. Meski sempat berbeda pendapat soal eksekusi perintah tim selama balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Mexico, kedua pebalap andalan Ferrari yakni Carlos Sainz dan Charles Leclerc memilih melupakan ‘pertengkaran’ mereka dengan tim mereka, karena kini telah mencapai tujuannya.

“Kami telah melakukan apa yang kami inginkan, yaitu untuk menyalip poin McLaren. Kami punya peluang yang bagus pada akhir pekan ini, kami berhasil melakukannya, dan sekarang kami akan masuk dalam empat balapan terakhir musim ini dengan posisi yang baik di dalam kejuaraan,” ujar Carlos Sainz, pebalap peringkat ketujuh dunia tersebut, Senin (8/11) dini hari.

Adapun Sainz diketahui start pada posisi keenam, dengan Leclerc start di posisi kedelapan. Meski tampil lebih cepat pada awalnya, Leclerc diminta untuk ‘minggir’ oleh timnya pada lap ke-12, demi membiarkan Sainz untuk mencoba dan menyalip Pierre Gasly dari AlphaTauri. ‘Eksekusi’ rencana Ferrari tersebut rupanya tidak berjalan mulus, dengan pada satu titik Sainz ‘menuduh’ Leclerc sengaja melakukan kesalahan untuk menjaganya tetap di belakang.

Pada akhirnya, baik Sainz maupun Leclerc tidak mampu menyalip Pierre Gasly. Namun, finish Leclerc dan Sainz pada masing-masing posisi kelima dan keenam terbukti cukup memberikan 13,5 poin tambahan pada total poin Ferrari. Tambahan tersebut membuat Ferrari melaju ke posisi ketiga Constructors’ Standings, melebihi tim McLaren Mercedes yang satu-satunya poin individualnya didapatkan Lando Norris di posisi finish ke-10 balapan ini.

“Sudah dibicarakan sebelumnya,” ujar Leclerc mengenai ‘pertukaran’ posisi tersebut. “Jadi ada satu lap di mana mereka meminta saya untuk membiarkan dia (Sainz) melaju, tetapi saya sedang menyalip, saya pikir, sebuah mobil berbendera biru di depan saya, jadi itu tidak saya lakukan di lap itu. Dan di lap selanjutnya saya tidak lagi diminta untuk melakukannya dan kemudian kami melakukannya agak belakangan. Tetapi secara keseluruhan semuanya jelas dan segera setelah saya diminta, saya melakukannya,” papar dia.