Begini cara teknologi offside semi-otomatis bekerja di Piala Dunia 2022

Al Rihla, bola pertandingan resmi adidas untuk Qatar 2022, akan menyediakan elemen penting lebih lanjut untuk mendeteksi insiden offside.

ilustrasi. Istimewa

FIFA telah mengumumkan pada Jumat (1/7), bahwa teknologi offside semi-otomatis akan digunakan di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar mulai 21 November. Peranti ini menawarkan alat dukungan untuk ofisial pertandingan video dan ofisial di lapangan untuk membantu mereka membuat keputusan offside yang lebih cepat, lebih akurat, dan lebih dapat direproduksi di panggung terbesar.

Menyusul keberhasilan penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di FIFA World Cup 2018 di Rusia, Presiden FIFA Gianni Infantino menyatakan dalam The Vision 2020-2023 bahwa FIFA akan berusaha untuk memanfaatkan potensi penuh teknologi dalam sepak bola dan lebih meningkatkan VAR. Dalam tiga tahun berikutnya, FIFA memang terus menjadi yang terdepan dalam teknologi permainan.

Bekerja sama dengan Adidas dan berbagai mitra, dan khususnya dengan Kelompok Kerja untuk Keunggulan Inovasi (Working Group for Innovation Excellence) dan penyedia teknologi, FIFA telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk lebih meningkatkan sistem VAR, termasuk penggunaan teknologi offside semi-otomatis.

Teknologi baru ini menggunakan 12 kamera pelacak khusus yang dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola dan hingga 29 titik data dari setiap pemain individu, 50 kali per detik, menghitung posisi pasti mereka di lapangan. Sebanyak 29 titik data yang dikumpulkan mencakup semua anggota badan dan ekstremitas yang relevan untuk melakukan tiupan peluit offside.

Al Rihla, bola pertandingan resmi adidas untuk Qatar 2022, akan menyediakan elemen penting lebih lanjut untuk mendeteksi insiden offside ketat karena sensor unit pengukuran inersia (IMU) akan ditempatkan di dalam bola. Sensor ini, diposisikan di tengah bola, mengirimkan data bola ke ruang operasi video 500 kali per detik, memungkinkan deteksi titik tendangan yang sangat tepat.