Bos baru Brasil janji lindungi Vinícius Júnior dari hinaan rasis

Vinícius telah menjadi korban dalam banyak kesempatan, namun wajar jika tim enggan meninggalkan lapangan permainan sebagai bentuk protes.

Dorival Júnior berbicara kepada skuad Brasil pada sesi latihan di London jelang pertandingan persahabatan melawan Inggris. Foto Victoria Jones-PA

Dorival Júnior akan memimpin tim nasional Brasil untuk pertama kalinya pada hari Sabtu (23/3). Tim Samba memainkan pertandingan persahabatan internasional melawan Inggris.

Dia hanya punya sedikit waktu berharga untuk mempersiapkan skuad barunya menghadapi Copa América musim panas ini di Amerika Serikat. Brasil telah jatuh jauh di bawah standar tinggi mereka dalam beberapa tahun terakhir, meski memiliki sejumlah talenta kelas dunia.

Salah satu pemain kuncinya, bintang Real Madrid Vinícius Júnior, yang telah mencetak 18 gol untuk Los Blancos musim ini meski absen cukup lama karena cedera. Vini Jr telah berkembang menjadi penyerang kelas dunia di Spanyol, namun juga menjadi sasaran pelecehan rasis dengan frekuensi yang mengejutkan. Dorival menyerukan tindakan yang lebih besar untuk mengatasi masalah ini.

“Sedihnya hal ini terjadi di seluruh dunia. Ketidaktahuan masih ada,” katanya kepada The Guardian.

“Pihak berwenang harus mengambil tindakan yang lebih tegas. Situasi yang dialami Vinícius, khususnya, sudah melewati batas. Publik Spanyol pada umumnya adalah orang-orang yang sangat ramah, penuh hormat, dan di atas segalanya adalah pecinta damai dan citra mereka tidak boleh ternoda oleh segelintir orang yang jahat,” sambungnya disitir As.