ESDM pastikan pasokan listrik gelaran MotoGP agar tak biarpet

PLN bakal menyuplai sirkuit melalui tiga jalur utama listrik, yakni dua jalur dari Gardu Induk (GI) Kuta dan satu jalur dari GI Sengkol.

Sirkuit Mandalika, NTB, yang bakal menjadi lokasi penyelenggaran MotoGP pada Maret 2022. Foto Antara/Ahmad Subaidi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan kebutuhan listrik untuk MotoGP 2022, yang akan segera digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), terpenuhi. Melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Gatrik), pemerintah telah berkoordinasi dengan PT PLN (Persero).

Koordinasi ini untuk memastikan tidak ada biarpet dalam penyelenggaraan event internasional tersebut. Kegiatan pre-season akan berlangsung pada 11-13 Februari dan season MotoGP tanggal 18-20 Maret.

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Hutajulu, berharap, PLN lebih intensif berkoordinasi dengan PT Indonesia Tourism Development Cooperation (ITDC) selaku penyelenggara, kementerian/lembaga, pemerintah daerah (pemda), dan instansi lainnya.

Menurutnya, koordinasi perlu dilakukan demi memastikan suplai listrik di seluruh kawasan Mandalika dilayani dengan andal. "PLN juga agar memastikan kelayakan seluruh instalasi listrik sebelum dioperasikan," ungkapnya dalam keterangan resminya, Kamis (10/2).

Sebelumnya, Jisman telah mengunjungi Mandalika pada 2-4 Februari 2022. Dia mengatakan, salah satu yang menentukan kesuksesan suatu event, baik nasional maupun internasional, dapat berjalan baik adalah listrik.