Klasmen Formula One: Verstappen-Hamilton tetap di posisi teratas

Verstappen yang asal Belanda dan Hamilton yang asal Inggris memegang masing-masing 226,5 poin dan 221,5 poin.

Ilustrasi. Pixabay

Insiden tabrakan Max Verstappen dan Lewis Hamilton dalam F1 GP Italia 2021 yang dihelat di Autodromo Nazionale Monza pada Minggu (12/9), rupanya tidak berpengaruh atas klasemen peringkat mereka. Hingga Senin (13/9), Verstappen yang memotori tim Red Bull Racing Honda dan Hamilton yang memotori tim Mercedes masih menjaga posisi mereka di peringkat pertama dan kedua sedunia.

Verstappen yang asal Belanda dan Hamilton yang asal Inggris memegang masing-masing 226,5 poin dan 221,5 poin. Verstappen dijatuhi hukuman drop tiga grid untuk start pada gelaran balapan selanjutnya di Rusia. Kendati tidak sepenuhnya setuju dengan hukuman yang dijatuhkan terhadap dirinya, Verstappen menyatakan, akan legowo menerima keputusan tersebut.

“Saya mencoba untuk melakukan balapan dengan semaksimal dan seadil mungkin di sana (sirkuit). Saya tidak sepenuhnya setuju dengan hukuman itu karena saya yakin itu (tabrakan tersebut) adalah sebuah musibah balapan. Apa yang terjadi hari ini sangat malang, tetapi kami adalah pebalap profesional dan kami akan melepaskannya,” komentar Verstappen mengenai insiden tabrakannya dengan Hamilton seperti dilaporkan oleh Associated Press.

Di posisi ketiga, diikuti oleh Valtteri Bottas. Sang pebalap asal Finlandia yang telah memotori tim Mercedes sejak 2017 memegang 141 poin, sejauh 80,5 poin di bawah Hamilton di posisi kedua. Pada gelaran di Italia pada Minggu lalu, Bottas menyelesaikan balapan di posisi ketiga dengan lebih waktu 4,921 detik dan perolehan 15 poin.

Posisi keempat diduduki oleh Lando Norris, pebalap asal Inggris yang telah memotori tim McLaren Mercedes sejak 2019 dan memegang total 132 poin. Norris berhasil menyelesaikan balapan di posisi kedua pada Minggu kemarin, dengan lebih waktu 1,747 detik dan perolehan 18 poin.