Gantung raket 2024, Tai Tzu Ying incar gelar Asia ketiga demi sempurnakan performa

Awal bulan ini, Tai mengonfirmasi bahwa dia akan pensiun pada akhir tahun 2024.

Tai Tzu-Ying menjangkau bola di sudut lapangan. Foto CNA

Pebulutangkis asal Taiwan mengejar gelar pemain tunggal putri pertama di luar China dan Hong Kong yang meraih tiga gelar Badminton Asia Championship (BAC).

Ini mungkin terlihat hanya tonggak statistik kecil, tetapi akan sangat penting bagi Tai Tzu Ying (TTY) jika dia menjadi satu-satunya pemain tunggal putri di luar China dan Hong Kong yang memenangkan tiga gelar Kejuaraan Bulutangkis Asia.

Dia memiliki dua emas BAC dari 2017 dan 2018. Ye Zhaoying dari China memiliki lima emas, yang terakhir diperoleh pada tahun 1999. Yihan Wang dan Wang Chen yang sekarang sudah pensiun masing-masing memiliki tiga emas, sementara, di antara pemain yang masih aktif, Intanon Ratchanok, Wang Zhi Yi, dan Akane Yamaguchi masing-masing memiliki satu gelar. Sementara An Se Young dan Chen Yufei akan mulai sebagai unggulan favorit tahun ini, Tai dapat memberi ancaman yang serius dengan memilih gelar BAC ketiganya, jika dia menang.

Awal bulan ini, Tai mengonfirmasi bahwa dia akan pensiun pada akhir tahun 2024 – dan turnamen ini akan menjadi penutup bahkan jika dia merasa dia dapat melanjutkan kiprahnya.

“Pikiran saya fokus ke pertandingan sekarang adalah untuk menikmati setiap momen selama saya masih di lapangan,” katanya memastikan dia akan bermain satu tahun lagi.