GP Inggris: Hamilton menang usai tabrakan dengan Verstappen

Hamilton sempat dikenai penalti 10 detik karena terlibat tabrakan dengan rival terdekatnya, Max Verstappen, pada lap awal.

Pembalap Red Bull asal Belanda, Max Verstappen (kiri), menyapa pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, di podium usai GP F1 Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Kota Sakhir, pada 28 Maret 2021. Getty Images

Lewis Hamilton dan Max Verstappen, yang memimpin Formula 1 musim ini, terlibat tabrakan kecepatan tinggi pada putaran pembukaan Grand Prix Inggris, Minggu (18/7).

Hamilton diberi penalti waktu 10 detik, ajaibnya secara dramatis saat balapan, pembalap Mercedes itu menyalip Charles Leclerc yang sedang memimpin balapan di dua lap terakhir untuk mengamankan kemenangan kedelapan GP Inggris dan menghidupkan kembali persaingan perebutan gelarnya.

Dia melakukan sejumlah upaya untuk menyalip Verstappen pada lap pertama. Ketika keduanya tiba di tikungan Copse Corner Silverstone, roda kiri depan pembalap Inggris itu menyentuh ban belakang kanan pembalap Red Bull Max Verstappen.

Verstappen berputar keluar trek dan melintasi kerikil sebelum menabrak pembatas jalan. Untungnya pebalap Belanda ini mampu berjalan menjauh dari mobilnya yang rusak.

Balapan dihentikan saat itu dengan pembalap Ferrari, Charles Leclerc, memimpin.