sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

GP Inggris: Hamilton menang usai tabrakan dengan Verstappen

Hamilton sempat dikenai penalti 10 detik karena terlibat tabrakan dengan rival terdekatnya, Max Verstappen, pada lap awal.

Eqqi Syahputra
Eqqi Syahputra Senin, 19 Jul 2021 10:14 WIB
GP Inggris: Hamilton menang usai tabrakan dengan Verstappen

Lewis Hamilton dan Max Verstappen, yang memimpin Formula 1 musim ini, terlibat tabrakan kecepatan tinggi pada putaran pembukaan Grand Prix Inggris, Minggu (18/7).

Hamilton diberi penalti waktu 10 detik, ajaibnya secara dramatis saat balapan, pembalap Mercedes itu menyalip Charles Leclerc yang sedang memimpin balapan di dua lap terakhir untuk mengamankan kemenangan kedelapan GP Inggris dan menghidupkan kembali persaingan perebutan gelarnya.

Dia melakukan sejumlah upaya untuk menyalip Verstappen pada lap pertama. Ketika keduanya tiba di tikungan Copse Corner Silverstone, roda kiri depan pembalap Inggris itu menyentuh ban belakang kanan pembalap Red Bull Max Verstappen.

Verstappen berputar keluar trek dan melintasi kerikil sebelum menabrak pembatas jalan. Untungnya pebalap Belanda ini mampu berjalan menjauh dari mobilnya yang rusak.

Balapan dihentikan saat itu dengan pembalap Ferrari, Charles Leclerc, memimpin.

"Menyusul penilaian oleh dokter trek di Silverstone Circuit Medical Centre, Max Verstappen telah dibawa ke rumah sakit setempat untuk tes pencegahan lebih lanjut," cuit Red Bull.

Dari rumah sakit, Verstappen melalui akun Twitternya menyatakan, dirinya baik-baik saja. "Senang aku baik-baik saja. Sangat kecewa dikeluarkan seperti ini," katanya.

"Hukuman yang diberikan tidak membantu kami dan tidak adil terhadap langkah berbahaya yang dilakukan Lewis di trek. Menonton selebrasi saat masih di rumah sakit adalah perilaku yang tidak sopan dan tidak sportif, tetapi kami terus maju," kicaunya lagi.

Sponsored

Kepala Tim Red Bull, Christian Horner, kepada Channel 4 mengatakan, Hamilton "benar-benar rusak. Semua orang yang mengemudi di tikungan itu tahu Anda tidak mendorong roda ke bagian dalam di Copse. Dia menempatkannya di pagar. Syukurlah dia tidak terluka. Itu adalah langkah putus asa."

Pengawas balapan kemudian memberi Hamilton penalti 10 detik akibat insiden tersebut. "Saya lebih dulu datang ke sana," kata Hamilton dalam panggilan radio dengan timnya. "Itu adalah kalimatku. Aku memberi ruang pada pria itu."

Meski mendapat penalti, Hamilton mengejar Leclerc dan pada lap 50, melewati Ferrari di Copse Corner untuk memimpin dan kemudian mengamankan kemenangan balapannya yang ke-99, dengan rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas, finish ketiga.

Kemenangan Hamilton memberinya 25 poin untuk menempatkannya hanya delapan poin di belakang Verstappen di klasemen pembalap. Perlombaan tersebut, menurut penyelenggara, dihadiri 140.000 orang. (CNN)

Berita Lainnya