Grazie! Gianluigi Buffon pensiun di usia 45 tahun

Buffon memulai karier profesionalnya pada 1995 dengan membela Parma.

Kiper legendaris Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon, memutuskan pensiun dari dunia sepak bola pada usia 45 tahun. Twitter/@gianluigibuffon

Kiper legendaris Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon, memutuskan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya, sepak bola. Karier profesionalnya dititi sejak 1995 dengan menjadi kkiper Parma.

Keputusan pensiun diambil Buffon lantaran mengalami cedera. Padahal, niat gantung sepatu setelah kontraknya habis bersama Parma, 2024, dan membela timnas Italia pada Piala Dunia 2026.

Buffon memutuskan bergabung lagi dengan Parma, yang membesarkan namanya, pada 2021. Mantan kiper timnas Italia itu datang dengan misi membawa Parma kembali bermain di Serie A.

Sayang, ambisi tersebut tidak terwujud. Kiper kelahiran Carrara itu gagal membawa Parma promosi selama dua musim bermain di sana.

Kini, Buffon sudah memiliki 29 trofi beserta 1.151 pertandingan buat klub dan negara. Pertandingannya di level klub, utamanya kala membela Parma pada 1995-2001, mencuri perhatian publik hingga diboyong ke Juventus.