Indonesia tidak boleh gemetar demi 16 besar

"Bola itu bundar, dan pertandingan ditentukan dalam 90 menit. Selebihnya itu hanya teori. Ayo kita hadapi." 

Foto: PSSI

Palestina dan Suriah sudah menapak satu langkah mereka ke babak 16 Besar Piala Asia 2023. Pada tabel peringkat ketiga terbaik dari enam grup penyisihan, kedua tim menempati posisi teratas.

Dua-duanya mengumpulkan empat angka dengan selisih gol identik nol. Namun Palestina unggul cetakan gol 5 berbanding Suriah 1.

Selanjutnya Bahrain menjadi kandidat terkuat untuk lolos dari Grup E di rangking ketiga. Syaratnya mudah, mereka maksimal hanya perlu bermain seri atau minimal kalah tipis dengan selisih satu gol di partai terakhirnya kontra Yordania.

Tempat terakhir ke 16 Besar kemungkinan diperebutkan antara sesama Grup F, Thailand atau Oman. Di atas kertas Oman akan meraup total empat angka dari kemenangan pemungkas atas tim lemah Kirgizstan. Sementara kalau Thailand kalah di pertandingan lawan Arab Saudi dengan skor 0-2 pun mereka masih berpeluang maju terus.

Yang pasti tersingkir dari persaingan 4 Besar peringkat ketiga, China, sebab cuma bermodal dua poin. Selain itu, Indonesia dalam lubang jarum yang amat sempit karena hampir mustahil untuk bertahan dari sapuan "tsunami" Jepang.