Kasus suap FIFA: Satu mantan karyawan Fox dihukum dan satu lagi dibebaskan

Sebuah media olahraga dan perusahaan pemasaran Amerika Selatan juga dihukum atas tuduhan korupsi

Hernan Lopez, tengah, mantan CEO Fox International Channels, dihukum karena menyuap untuk dapat hak siar Piala Dunia dan pertandingan top lainnya. Foto Yuki Iwamura-AFP-Getty Images

Seorang mantan eksekutif Fox dihukum Kamis (9/3) karena membayar suap puluhan juta dolar untuk mendapatkan hak siar Piala Dunia dan pertandingan sepak bola top lainnya. Mantan eksekutif kedua dibebaskan.

Juri federal Brooklyn berunding empat hari sebelum mengambil putusan. Hernan Lopez, mantan CEO Fox International Channels, dinyatakan bersalah. Carlos Martinez, yang mengepalai afiliasi Amerika Latin, dibebaskan.

Jaksa mengatakan kasus itu mengungkap korupsi sepak bola internasional. Pengacara pembela mengatakan mantan eksekutif Fox itu dijebak oleh seorang penjahat yang mengaku mencoba untuk meminimalkan hukumannya sendiri.

Lopez yang emosional memeluk pendukungnya di ruang sidang setelah mendengar putusan, sementara pengacaranya tampak tertegun. Hakim mengizinkan dia dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu hukuman.

John Gleeson, seorang pengacara Lopez, menegaskan ada "kesalahan hukum dan faktual".