Liga Inggris umumkan akan beri sanksi keras terkait penginvasi lapangan dan bom asap

Sanksi baru yang keras juga untuk menghilangkan penggunaan bom asap dan kembang api di stadion-stadion Inggris.

Penonton menginvasi lapangan di Liga Inggris. Foto Reuters

Musim lalu terjadi peningkatan jumlah invasi lapangan di akhir musim dengan para penggemar merayakan gelar, promosi, atau lolos degradasi tim kesayangan mereka. Untuk menghilangkan fenomena itu, Liga Inggris akan menerapkan sanksi keras mulai musim depan.

Sanksi baru yang keras juga untuk menghilangkan penggunaan bom asap dan kembang api di stadion-stadion Inggris.

Musim lalu, beberapa kericuhan terjadi di lapangan, termasuk yang melibatkan manajer Crystal Palace Patrick Vieira, sementara pemain Sheffield United Billy Sharp diserang oleh seorang penggemar setelah kekalahan playoff di Nottingham Forest. Ini terjadi saat penonton menginvasi lapangan.

Bom asap dan kembang api, yang telah lama digunakan pada permainan di benua Eropa dan tempat lain di dunia, dulunya relatif jarang di Inggris tetapi penggunaannya muncul lebih sering belakangan ini.

"Semua pelanggar yang teridentifikasi akan dilaporkan oleh klub ke polisi dan penuntutan dapat mengakibatkan catatan kriminal permanen, yang dapat mempengaruhi pekerjaan dan pendidikan mereka, dan dapat mengakibatkan hukuman penjara," demikian pengumuman dari Liga dan Asosiasi Sepak Bola, Senin (25/7).