Menimbang peluang Pratama Arhan menembus tim inti Tokyo Verdy

Theeraton dan Arhan sama-sama berposisi asli sebagai bek kiri.

foto istimewa

Pratama Arhan bukan bek kiri asal Asia Tenggara pertama yang berkarier di J-League. Sebelumnya, Theerathon Bunmathan, pernah membela Vissel Kobe dan Yokohama F. Marinos. Persamaan keduanya membuat Arhan punya peluang mengikuti jejak bintang Thailand. Peluang Arhan menembus inti Tokyo Verdy disiarkan reportase analitik di kanal J-League International, Kamis (31/3).

Belajar dari Theerathon, Arhan punya kans tampil reguler bersama Tokyo Verdy di Meiji Yasuda J2-League. Pratama Arhan resmi pergi dari PSIS Semarang menuju tim Liga Jepang, Tokyo Verdy. Arhan akan bermain bersama Tokyo Verdy di Meiji Yasuda J2-League alias kasta kedua Liga Jepang.

Bek kiri Timnas Indonesia akan menjadi pemain Indonesia teranyar yang akan menjajal ketatnya kompetisi sepakbola Negeri Sakura. Sebelumnya, pernah ada Ricky Yacob, Irfan Bachdim, hingga Stefano Lilipaly, yang pernah bermain di sana.

Selain itu, Pratama Arhan juga bukan bek kiri pertama asal Asia Tenggara yang pernah bermain di Liga Jepang. Sebelumnya, ada nama baik kiri timnas Thailand Theerathon Bunmathan yang pernah bermain untuk Vissel Kobe dan Yokohama F Marinos.

Theeraton kali pertama ke Liga Jepang pada musim 2018, saat dipinjam Vissel Kobe selama setahun dari Muangthong United. Musim itu, ia bisa bermain bersama nama-nama besar seperti Lukas Podolski, David Villa, hingga Andres Iniesta di Vissel Kobe. Total semusim ia bermain 35 kali untuk Vissel Kobe di semua ajang dengan catatan 4 asis, 28 penampilan di antaranya terjadi di Meiji Yasuda J-1 League.