Menpora minta PSSI dan LIB investigasi penyebab tewasnya 2 suporter Persib

PSSI menyebut, kalau melihat pada tayangan televisi, amat mungkin suporter di stadion melebihi 15.000.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali . Foto istimewa

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meminta kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk segera melakukan investigasi terhadap insiden meninggalnya dua suporter Persib Bandung akibat kericuhan, dalam laga lanjutan Grup C Piala Presiden 2022 yang mempertemukan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (17/6).

Menpora Amali meminta PSSI dan PT LIB untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait khususnya dengan pihak keamanan lebih diintensifkan sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Selain itu harus segera dievaluasi tentang SOP yang berlaku di stadion ketika itu. Sekaligus melihat lagi pelaksanaan di empat stadion yang sudah berlangsung selama ini," jelasnya.

"Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB. Tidak boleh ini terulang lagi karena  pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan," harapnya.

Sementara, Komite Disiplin (Komdis) PSSI mengaku, segera melakukan investigasi terkait peristiwa di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (17/6) malam.  PSSI pun bergerak cepat dengan menurunkan tim.