Menpora sebut dapat restu Jokowi fokus urus sepak bola

Sebelumnya, Jokowi menilai kedua menteri yang jadi pengurus PSSI, tidak perlu melepas jabatan, asalkan dapat mengatur waktu dengan baik.

Zainudin Amali (tengah) dalam keterangan pers, Senin (20/2/2023). YouTube Setkab

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku, telah mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk fokus mengurus sepak bola. Hal ini disampaikannya sebagai respons atas dirinya yang diisukan bakal mundur dari jabatan Menpora usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Zainudin mengatakan, Presiden Jokowi telah menerima informasi perihal dirinya terpilih sebagai Waketum PSSI melalui laporan langsung pada Senin (20/2) di Istana Negara, Jakarta.

"Tadi saya secara pribadi sudah melapor ke Pak Presiden kalau saya terpilih sebagai Waketum PSSI, dan beliau menyerahkan kepada saya, karena saya menyampaikan pada teman-teman harus memilih," kata Zainudin dalam keterangan pers.

Disampaikan Zainudin, ia juga telah melapor kepada Jokowi terkait keinginannya untuk fokus mengurus dunia sepak bola di Indonesia.

Ia mengatakan Jokowi memahami keinginannya tersebut. Kendati demikian, Zainudin tidak menyatakan secara tegas dirinya mundur dari jabatan Menpora.