Nestapa dan 85 kematian atlet Palestina karena bom Israel

“Jika bukan karena sepak bola, saya mungkin tidak akan berada di posisi seperti sekarang ini,” kata Wadi.

Ilustrasi. Foto: Ist

Pada bulan Desember 2008, di tengah serangan udara Israel yang mematikan di Jalur Gaza, Hazem Alrekhawi, yang saat itu berusia 19 tahun dan pemain yang menjanjikan bersama Shabab Rafah, naik bus bersama sembilan teman sekelasnya dari perguruan tinggi teknik yang ia ikuti di Kota Gaza.

Sebuah rudal yang ditembakkan dari jet tempur F-16 Israel menghantam bus tersebut, tampaknya menewaskan semua orang di dalamnya. Jenazah dibawa ke Rumah Sakit al-Shifa. Alrekhawi yang tubuhnya dipenuhi pecahan peluru, dibungkus dan dimasukkan ke dalam lemari es kamar mayat.

Lima jam kemudian, ibunya tiba di rumah sakit, mencari identitas jenazah putranya. Dari sudut matanya, dia melihat sebuah tangan bergerak. Alrekhawi masih hidup.

Alrekhawi lolos dengan nyawanya tetapi tampaknya bek tersebut tidak mungkin dapat melanjutkan karir sepak bolanya karena parahnya cedera yang dialaminya.

Namun, pemain asli Rafah ini berhasil mengatasi tantangan tersebut, dan pada tahun 2011, ia pindah ke wilayah pendudukan Tepi Barat – di mana para pemainnya mendapat kompensasi yang lebih baik – dan bermain untuk delapan klub berbeda selama 10 tahun.