Pemerintah jamin tak intervensi KLB PSSI

Seruan agar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengundurkan diri mencuat seiring terjadinya tragedi Kanjuruhan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Dokumentasi Kemenpora

Pemerintah memastikan takkan mengintervensi Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indoensia (KLB PSSI). Ini diklaim selaras dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Beliau hanya saya laporkan saja, ya. Sudah beliau hanya mendengarkan, tidak ada apa-apa, dan hanya mengingatkan. Ya, sudah, pemerintahannya mengikuti saja, tidak boleh intervensi, tidak boleh campur tangan," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/11). 

Seruan agar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengundurkan diri mencuat seiring terjadinya tragedi Kanjuruhan. Sekitar 135 orang meninggal dunia dan lebih dari 500 lainnya luka-luka akibat insiden pascalaga Arema FC kontra Persebaya Surabaya tersebut.

Namun, Iwan Bule, sapaannya, bersikukuh tetap ingin menjabat. Seiring waktu, rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI menyepakati percepatan pergantian pucuk pimpinan organisasi melalui KLB.

Amali melanjutkan, KLB sudah diputuskan sesuai mekanisme PSSI. Pemerintah, sambungnya, tidak ingin ikut campur, baik dalam penyelenggaraan maupun hasil.