Piala Asia 2023: Usai pemanasan, Arab Saudi paling favorit

Arab Saudi menang 1-0 atas Lebanon, imbang tanpa gol dengan Palestina, dan mengalahkan Hong Kong 2-0.

Son Heung-min dkk dari Korsel merana setelah kekalahan perempat final dari Qatar pada Piala Asia 2019. Foto Suhaib Salem-Reuters

Piala Asia 2023 tinggal hitungan jam. Sejumlah kalangan mulai mengutak-atik kekuatan tim termasuk siapa yang punya peluang menjadi juara. 

Untuk gelaran di Qatar yang akan berlangsung 12 Januari-10 Februari 2024 ini, Al Jazeera mencuatkan tim favorit juara. Yakni Jepang dan Korea Selatan. Samurai Biru dan Taegeuk Warriors menempati peringkat teratas lima tim terbaik dengan sejumlah alasan.

Alasan terkuat versi Al Jazeera ialah karena Jepang telah tampil di lima dari delapan final terakhir. Sejauh mana mereka melaju, Samurai Biru akan menjadi tim yang sulit terkalahkan.

Sementara kebintangan Son Heung-min diprediksi akan menyinari Korsel. Kapten tim pemburu gelar Premier League di Tottenham Hotspur, juga menyabet gelar Pemain Terbaik Asia tiga kali.

Sebaliknya AlineaID mengunggulkan Arab Saudi. Skuad berjuluk Al-Suqour Al-Khodhur tambah kuat usai tahap pemanasan sejak awal tahun ini. Di antara 24 kontestan, kesebelasan bimbingan Roberto Mancini meraup hasil positif yang menjanjikan.
 
Arab Saudi menang 1-0 atas Lebanon, imbang tanpa gol dengan Palestina, dan mengalahkan Hong Kong 2-0 dalam rangkaian pertandingan pekan pertama Januari.