Sayap kiri mimpi buruk Sandy Walsh

Di posisi aslinya, sebagai bek kanan, Sandy niscaya banyak duel kontra sayap kiri lawan.

Sandy Walsh. Foto Ist

Terpancing gerakan tanpa bola Maxim De Cuyper yang masuk ke dalam, Sandy Walsh naik. Bek Indonesia itu menjadi titik lemah KV Mechelen saat gawang mereka dijebol gol pembuka Westerlo di menit 22. Dwigol Kyan Vaesen menyudahi pertandingan 0-2 dalam lanjutan Liga Pro Belgia, Sabtu (28/1).

Gol kedua Vaesen juga berawal dari kesalahan Sandy. Sepak pojok untuk Westerlo. Pemain Mechelen nomor punggung 5 itu berjaga di tiang dekat. Lepas dari kawalannya, Ravil Tagir meneruskan tendangan sudut itu dengan umpan sundulan tajam ke mulut gawang. Umpan itu kembali dikonversi Vaesen lewat penyelesaian akhir yang sempurna.

Laga sebelumnya, Mechelen menjamu Kortrijk, Minggu (22/1). Kendati menang tipis 3-2, Sandy tetap bermain sebagai bek kanan biasa yang tak luput dari kesalahan. Ia hanya jadi penonton ketika garis pertahanannya digempur kombinasi apik Habib Guèye dan Dion De Neve. Sandy seharusnya melapis ruang kosong di bawah mistar sewaktu kipernya maju meninggalkan gawang. Tapi dia tidak melakukan itu, akibatnya fatal.

Setelah tiga gol blundernya, Sandy menatap Piala Asia 2023. Ia kini sudah dinaturalisasi PSSI untuk memperkuat tim nasional. Turnamen di Qatar nanti, Indonesia sama sekali bukan unggulan, menghuni pot 4 dalam undian, bahkan peserta terbuncit menurut urutan.

Di posisi aslinya, sebagai bek kanan, Sandy niscaya banyak duel kontra sayap kiri lawan. Pesaing dari pot 1, 2, dan 3 pasti memiliki sayap kiri andalan. Menarik ditunggu sama siapa Sandy kelak berlawanan.