Sepak bola sayur tanpa garam Olimpiade Paris 2024: Tanpa Brasil, ada Israel

Tiket kedua dari jatah Turnamen Praolimpiade U-23 Amerika Selatan 2024 diraih Paraguay.

Luciano Gondou dari Argentina merayakan gol ke gawang Brasil. Foto Matias Delacroix-AP

Tak ada Brasil di Olimpiade Paris 2024. Cabang sepak bola dalam pesta olahraga sedunia akan digelar hambar bagaikan pecel tanpa lele, seperti sayur tanpa garam.

Tim Samba gagal lolos dari Torneo Preolímpico Sudamericano Sub-23 de 2024 setelah takluk dari Argentina 0-1, Senin (12/2).

Dilansir Associated Press, pada laga penentu kualifikasi Olimpiade zona Amerika Selatan, Luciano Gondou mencetak gol kemenangan untuk tim Argentina U-23 yang dilatih Javier Mascherano. Ia menyundul umpan silang Valentin Barco melewati kiper Mycael pada menit ke-78 di Estadio Brígido Iriarte, Caracas.

“Kami pantas mendapatkan ini. Kami tidak kalah satu pertandingan pun di kualifikasi,” kata Gondou yang mencetak empat gol pada turnamen di Venezuela itu. “Kami berupaya sekuat tenaga, kami menunggu gol ini, tetapi pada akhirnya kami mendapatkannya.”

Brasil memenangkan emas sepak bola putra di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan Tokyo 2020. Tapi juara bertahan takkan mempertahankan medali emas mereka gara-gara kalah di kualifikasi ini.