Separuh pembeli tiket Piala Dunia di China adalah kaum hawa

Kaum perempuan yang berangkat ke Rusia karena ingin melihat para pemain pujaannya dari dekat.

Pembeli tiket Piala Dunia didominasi oleh kaum perempuan./Antara Foto

Sekitar 57% pembeli tiket Piala Dunia di Rusia pada 14 Juni-15 Juli 2018 adalah kaum perempuan. Kaum hawa yang mendominasi pembelian tiket didorong oleh keinginan menonton bintang lapangan hijau tersebut. 

Ctrip, agen perjalanan wisata berbasis daring terbesar di China tidak menyangka dengan data penjualan tiket yang ternyata didominasi kaum hawa itu. Ctrip menyebut alasan banyaknya kaum perempuan yang berangkat ke Rusia karena ingin melihat para pemain pujaannya dari dekat.

Meskipun tim nasional China tidak lolos ke ajang sepak bola terbesar sejagat itu, tapi sama sekali tidak berpengaruh terhadap hasrat para penggila bola dari negara berpenduduk terbanyak di dunia itu. Bahkan para penggila bola China rela merogoh kocek setara Rp 6,45 triliun di Rusia. 

Tercatat penggemar bola yang terbang dari China mencapai 100.000 dan menempati peringkat ketiga penonton terbanyak di dunia. Terdapat 20 penerbangan yang mengangkut 4.000 orang dari China ke Rusia setiap hari. 

"Tingkat keterisian penerbangan tersebut rata-rata di atas 90%. Penggemar sepak bola dan wisatawan dari China menjadi bagian terbesar dalam wisata Piala Dunia," kata Manajer Penjualan Paket Wisata Luar Negeri Ctrip, Xiao Yinyuan, dikutip Global Times.