Supremasi Arab Saudi di ACL: Fondasi pemain tangguh di Piala Asia 2023

Tanpa karier klub yang hebat, pemain tidak memiliki klaim kehebatan meski sangat bagus di pentas internasional.

Kebesaran Arab Saudi turut dibina oleh mantan pemain legendaris asal Maluku. Foto AFC

Turnamen antarklub teratas Asia, Liga Champions AFC (ACL) 2023–2024, telah menapaki fase keempat. Diawali fase kualifikasi terbagi dua babak penyisihan dan play-off, kemudian fase grup, kini mencapai 16 Besar.

Indonesia diwakili klub Bali United kandas di babak penyisihan fase kualifikasi. Serdadu Tridatu kalah telak 1-5 dari Lee Man pada 16 Agustus 2023 di Hong Kong Stadium, Hong Kong.

Fase grup ACL '23–24 sudah berakhir, Senin (13/12). Wilayah barat dan timur mengeluarkan 16 tim yang akan berkiprah ke babak sistem gugur. Persaingan di level puncak AFC tampak masih didominasi klub-klub dari Asia Timur dan Asia Barat.

Babak 16 Besar akan diikuti tujuh kesebelasan yang berhasil lolos sebagai wakil Asia Timur, 6 Asia Barat, 2 Asia Tengah, dan satu klub Asia Tenggara. Jadwalnya dimainkan mulai 12 Februari 2024 hingga 18 Mei 2024 atau dua hari setelah final Piala Asia 2023.

Arab Saudi menjadi negara terbanyak menyumbang partisipan dengan empat klub, disusul Jepang dan Korea Selatan masing-masing 3 klub. Selanjutnya Uzbekistan diwakili 2 klub serta Uni Emirat Arab, Iran, China, dan Thailand satu-satu.