Tak ada yang mau kalah: Derby ASEAN perdana di Piala Asia

Vietnam berharap untuk melanjutkan prestasi edisi 2019 dan kembali tampil di babak sistem gugur.

Striker Vietnam Nguyễn Tiến Linh absen di Piala Asia 2023. Foto Twitter

Dunia sepak bola akan menyaksikan Piala Asia Qatar 2023 yang sangat dinantikan. Dimulai dengan tuan rumah dan juara bertahan Qatar melawan Lebanon di Stadion Lusail pada hari Jumat (12/1).

Pertandingan pembuka ini memastikan bahwa Piala Asia edisi ke-18 diawali dengan penuh gaya. Kemeriahan pasti terus meningkat karena babak penyisihan grup telah menghadirkan beberapa pertandingan menarik yang dinantikan sepanjang sisa bulan Januari.
 
Banyak hal yang dipertaruhkan di masing-masing dari 36 pertandingan penyisihan grup yang berlangsung di Qatar antara 12 dan 25 Januari, situs AFC memilih lima pertandingan untuk membangkitkan selera penonton.

Indonesia vs Vietnam
Grup D, 19 Januari

Indonesia dan Vietnam merupakan dua tim yang tidak perlu diperkenalkan satu sama lain. Duo ini telah berhadapan di Asia Tenggara selama bertahun-tahun, menyajikan beberapa pertandingan paling berkesan di Piala AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN) – yang terbaru di semifinal edisi 2022 ketika Vietnam menang agregat 2-0.
 
Namun, apa yang membuat pertandingan pada tanggal 19 Januari 2024 menjadi lebih istimewa ialah kenyataan bahwa ini akan menjadi pertama dalam 52 tahun dua tim Asia Tenggara bertemu di Piala Asia.

Vietnam berharap untuk melanjutkan prestasi edisi 2019 dan kembali tampil di babak sistem gugur. Tetapi mereka harus melakukannya di bawah pelatih kepala baru Philippe Troussier, yang akan memasuki turnamen besar pertama mereka sejak kepergian Park Hang-seo yang sangat sukses awal tahun lalu.
 
Sementara itu, Garuda asuhan Shin Tae-yong akan merasakan momen penting. Mereka baru kembali ke pentas kontinental untuk pertama kalinya sejak 2007 ketika menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Persaingan yang ketat juga mewarnai antarsuporter, kedua kesebelasan hanya mengincar kemenangan saat mereka berhadapan di pertandingan kedua Grup D.