Tak tahan dikritik, Ozil pensiun dari timnas Jerman

Ozil mengklaim fotonya bersama Presiden Turki Erdogan sebagai bentuk penghormatan tradisi leluhur, bukan mendukung kebijakan presiden.

Mesut Ozil memutuskan untuk pensiun dari timnas Jerman./Facebook.

Usai fotonya bersama dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan, Bintang sepak bola Jerman Mesut Ozil secara mengejutkan menyatakan akan pensiun untuk bermain bersama tim nasional (timnas) Jerman. Ozil mengaku kecewa dengan reaksi publik atas fotonya bersama Presiden Turki. 

Seperti diketahui, foto bersama Ozil dan Erdogan telah menuai kecaman luas. Padahal kata Ozil, dirinya semata-mata hanya menghormati pimpinan politik tertinggi negara asal keluarganya tersebut.

"Dengan berat hati dan setelah memikirkan banyak pertimbangan atas peristiwa baru-baru ini. Saya tidak akan lagi bermain untuk Jerman di level internasional sementara saya dianggap memiliki perasaan rasisme dan tidak hormat," kata Ozil dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun twitter.


Mesut Ozil dan Presiden Turki Erdogan foto bersama di London dan menuai kecaman dari warga Jerman./BBC.com

Ozil, anggota timnas Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014 kembali bermain pada turnamen piala dunia tahun ini. Ia mendapat banyak kritik di negaranya setelah ia bertemu Erdogan pada Mei silam.