Tatkala bonek cs "beraksi" di luar stadion

Tak sekadar mendukung tim kesayangan mereka, sejumlah kelompok suporter kini aktif dalam berbagai kegiatan positif di luar stadion.

Ilustrasi penggemar sepak bola. Alinea.id/Firgie Saputra

Tawaran Oryza A Wirawan langsung disambut Iwan Iwe. Dalam sebuah pertemuan pada Desember 2017, Iwan diajak Oryza mengembangkan Bonek Writer Forum (BWF). Sebagai pecinta dunia tulis-menulis, Iwan langsung sepakat bergabung di forum itu.  

Iwan telah lama mengenal Oryza. Sama-sama pendukung fanatik Persebaya alias bonek, keduanya telah sering bertemu di stadion saat tim kesayangan mereka berlaga. Iwan merasa cocok dengan Oryza karena sobatnya itu juga penyuka dunia literasi. 

"Sebab, menulis itu bisa menjadi alat perlawanan. Dan, ternyata tulisan kawan-kawan itu banyak yang bagus-bagus," kata Iwan saat berbincang dengan Alinea.id, Selasa (11/10). 

Menurut Iwan, BWF digagas Oryza setelah sobatnya itu menemukan banyak penggemar Persebaya yang berbakat menulis saat Persebaya dibekukan PSSI pada 2010 hingga 2017. Ketika itu, banyak bonek yang meluapkan kekecewaan mereka di media sosial karena tak bisa lagi menonton Persebaya di stadion. 

Oryza, kata Iwan, terpikir untuk mengumpulkan para bonek itu ke dalam sebuah wadah. BWF pun terbentuk. "Semula, sebenarnya kami cuma grup WhatsApp. Kami juga bukan organisasi yang ada badan hukumnya karena kami suka literasi saja. Jadi, enggak ada AD/ART dan sebagainya. Ini hanya bentuk kecintaan kami terhadap Persebaya dan literasi," tuturnya.