Terry Venables, ahli taktik Inggris itu berpulang

Venables juga pernah menangani klub Inggris Crystal Palace dan Leeds United dalam karir manajerialnya yang gemilang.

Memori Terry Venables di stadion. Foto ESPN

Mantan manajer Inggris Terry Venables meninggal dunia pada usia 80 tahun setelah lama sakit. Kabar tersebut diumumkan dalam pernyataan yang dirilis Asosiasi Manajer Liga atas nama keluarga Venables.

"Kami benar-benar terpukul atas kehilangan seorang suami dan ayah yang luar biasa yang meninggal dengan tenang kemarin setelah lama sakit. Kami meminta agar privasi diberikan pada saat yang sangat menyedihkan ini agar kami dapat berduka atas kehilangan pria tercinta ini yang sangat beruntung kita miliki dalam hidup kita," ungkap keluarga Venables dalam pernyataan tertulis.

Venables, yang juga pernah melatih Tottenham Hotspur -- di mana ia memenangkan Piala FA pada tahun 1991-- dan Barcelona, memimpin tuan rumah Inggris ke semifinal Piala Eropa 1996.

Pada bulan November 1996, Venables mengambil alih Australia, memimpin Socceroos dalam perjalanan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke final Piala Konfederasi 1997.

Pada akhir tahun 1997, ahli taktik asal Inggris ini berada di pinggir lapangan untuk pertandingan paling terkenal dalam sejarah Socceroos. Mengejar tempat pertama mereka di Piala Dunia dalam 24 tahun, Australia unggul agregat 3-1 atas Iran dengan waktu tersisa 15 menit pada leg kedua playoff antarbenua.