Ahok bebas, partai mana yang akan dipilihnya?

Gerindra akan menerima BTP kembali asalkan memenuhi tiga syarat yang diajukan.

Ahok bebas pada 24 Januari 2019 setelah menjalani masa tahanan kurang dari dua tahun./Facebook

Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau yang dikenal dengan Ahok hari ini (24/1) bebas, ia telah menjalani masa tahanan kurang dari dua tahun setelah didakwa dan ditahan dengan tuduhan penistaan agama. BTP bebas di tahun politik saat pemilihan umum akan berlangsung pada April mendatang. 

Malang melintang di dunia politik, BTP belum diketahui apa akan kembali ke dunia yang membesarkan namanya. Hanya saja, sebelum ia diputus bebas hari ini, sejumlah partai politik (parpol) membuka peluang untuk menampung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

PDI Perjuangan (PDIP) misalnya, disebut-sebut menjadi partai yang menerima BTP. Adalah, Djarot Saiful Hidayat yang merupakan mantan rekan kerjanya mengklaim kalau BTP ingin masuk partai, maka akan memilih PDIP. Alasannya, PDIP adalah partai yang dinilai BTP sebagai paling tegas dan setia kepada Pancasila.  

"Kalau nanti mau masuk politik lagi, beliau pilih PDIP, itu pasti," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Tidak hanya PDIP, Gerindra rupanya terbuka menerima BTP. Sempat berkonflik pada saat menjadi Gubernur dan hendak mencalonkan diri menjadi Gubernur, rupanya partai pimpinan Prabowo Subianto ini tidak menutup pintu jika BTP ingin kembali.