Curhat Nirina dan komitmen kandidat memberantas mafia tanah 

Menjawab tantangan Nirina, tim kampanye para kandidat mengklaim sudah punya rencana terperinci untuk memberantas mafia tanah.

Presiden Joko Widodo (kanan), Nirina Zubir (kiri), dan sejumlah selebritas menjajal LRT Jakarta, Agustus 2023. /Foto Instagram @nirinazubir_

Curahan hati selebritas Nirina Zubir di Instagram pribadinya, Kamis (11/1) malam, viral. Dalam unggahan itu, Nirina mengumumkan batal mendukung pasangan calon di Pilpres 2024. Menurut dia, tidak ada kandidat yang benar-benar terlihat punya komitmen membenahi persoalan mafia tanah. 

"Kenapa? Sampai sekarang masalah tanah yang Na alami BELUM ADA JALAN KELUAR, masalah mafia tanah masih ada. Sejauh ini belum ada komitmen dari Calon Capres & Cawapres untuk masalah ini," tulis Nirina sebagaimana dikutip di Instagram @nirinazubir_.

Pada 2022, Nirina dan keluarganya berurusan dengan kasus mafia tanah. Tanah ibunda Nirina dipalsukan sertifikatnya oleh eks asisten rumah tangganya yang bernama Endrianto. Para pelaku sudah dihukum. Namun, sertifikat yang dipalsukan itu belum juga dibatalkan. 

Pengumuman "politis" artis yang pernah jadi pemeran Rachel di film Heart itu banjir komentar dari warganet. Di media massa, pejabat publik dan politikus pun turut angkat suara menyinggung permasalahan yang dialami Nirina. 

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni mengatakan akan mengundang Nirina ke sebuah forum daring untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi Nirina. Ia menjanjikan solusi,