Daftar bareng Gerindra ke KPU, PKB: Soft launching koalisi

Sebelum mendaftar ke KPU, pengurus kedua partai bakal menggelar sejumlah prosesi sakral. Misalnya, mengadakan khataman Al-Qur'an 30 juz.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kiri), dan Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, memberikan keterangan kepada media usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, pada Sabtu (18/6/2022). Foto Antara/M. Adimaja

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra berencana mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara bersamaan pada hari ini, Senin (8/8), sekitar pukul 15.00 WIB.

Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid, mengklaim, pendaftaran bersama tersebut merupakan peluncuran praresmi (soft launching) koalisi kedua partai dalam menghadapi pemilu. Pun demikian dengan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

"Ini soft launching-lah. Yang jelas, kita sepakat berkoalisi, capres-cawapres dari internal partai dan Gus Muhaimin dan Pak Prabowo adalah dua kader terbaik di masing-masing partai. Soal siapa capres, siapa cawapres, itu teknis berikutnya kita bicarakan," ujarnya.

Menurut Gus Jazil, sapaannya, pendaftaran kedua partai, yang sebelumnya sepakat berkoalisi, dilakukan pada hari baik dalam kalender Islam. Dalihnya, bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1444 H.

"Ini hari baik. Pada 10 Muharram, umat muslim juga dianjurkan untuk berpuasa sunah Asyura, puasa yang sangat mulia setelah puasa Ramadan. Ini bulannya Allah Swt," katanya.