Deretan caleg artis gagal, dari Ahmad Dhani hingga Denada

Selebritas alias artis banyak yang bertaruh jadi calon anggota legislatif. Namun, popularitas ternyata tak mampu mengantarkan ke kursi DPR.

Ahmad Dhani adalah salah satu artis yang gagal menjadi anggota DPR dari Jawa Timur. / Antara Foto

Selebritas alias artis banyak yang bertaruh menjadi calon anggota legislatif. Namun, popularitas ternyata tak mampu mengantarkan artis-artis ke Senayan. Sebagian besar pesohor publik itu justru keok bertarung di pemilu legislatif.

Sebelum Pemilihan Umum 2019 digelar atau tepatnya saat musim kampanye, belasan artis nasional nyaris tiap akhir pekan datang ke Jawa Timur. Bukan promosi lagu atau judul film terbaru, mereka datang untuk berkampanye dan berupaya menarik simpati rakyat agar saat pemilu bisa memilihnya.

Ya, mereka adalah artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan maju sebagai calon wakil rakyat di DPR RI.

Berbagai cara dilakukan, mulai blusukan kampung, keluar masuk pasar, seminar dan diskusi, bagi-bagi bunga di jalan maupun di pusat perbelanjaan hingga meluangkan waktunya untuk sekadar foto bersama dilaluinya tanpa mengeluh.

Bahkan, sebagai wujud kepedulian dan keseriusan, terdapat artis yang membuka bimbingan belajar, bahkan mengontrak rumah di daerah pemilihannya maju.