Fadli Zon kecewa KPU tak kena sanksi ihwal Situng

Menurut Fadli Zon, kesalahan input data pada Situng memunculkan ketidakpercayaan terhadap lembaga penyelenggara pemilu.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon memberikan pernyataan kepada wartawan seusai meninjau cara kerja Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Jumat (3/5). /Antara Foto

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengkritik putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait sistem informasi penghitungan suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU). Fadli mengaku kecewa Bawaslu tidak memberikan sanksi kepada KPU. 

"Kalau ada masalah Situng dan hitung cepat seharusnya ada langkah memperbaiki. Berikan sanksi dong karena kesalahan itu memberikan dampak yang merusak," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (17/5). 

Lebih jauh, Fadli mengatakan, kesalahan-kesalahan input data Situng telah menimbulkan kegaduhan dan memunculkan ketidakpercayaan kepada institusi penyelenggara pemilu. 

"Apa lantas yang dilakukan itu (untuk memperbaiki)? Bagaimana kerusakan yang ditimbulkan ini? Seharusnya ada langkah lain selain untuk memperbaiki," ujar anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu. 

Sebelumnya, Bawaslu menetapkan KPU melakukan pelanggaran administratif terkait Situng. Sebagaimana laporan BPN Prabowo-Sandi, Bawaslu menemukan banyak kesalahan input data dalam Situng.