Ganjar Pranowo dukung Gibran maju Pilkada Surakarta?

Semua orang boleh mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta pada Pilkada 2020.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ketika menjalani pemeriksaan di KPK. Antara Foto

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan semua orang boleh mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020 mendatang. Hal tersebut berlaku bagi siapa pun, tak terkecuali bagi putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. 

“Kan semua orang boleh mencalonkan diri (sebagai Wali Kota Surakarta),” kata Ganjar yang juga politikus PDI Perjuangan itu di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Selasa (29/10).

Namun demikian, Ganjar menambahkan, keputusan akhir ada pada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Keputusan akhir itu, kata dia, merupakan tradisi yang ada di partai berlambang kepala banteng tersebut.

“Memang tradisi di PDI Perjuangan pada akhirnya nanti keputusan ada di tangan Ketua Umum, sesimpel itu saja," ucap Ganjar.

Ganjar menyatakan demikian kepada wartawan saat ditanya mengenai pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming Raka yang akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta pada Pilkada 2020.