Gibran resmi jabat Wali Kota Surakarta

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengikuti jejak ayahnya sebagai Wali Kota Solo karena meraup 86,53% dalam Pilkada 2020.

Putra sulung Presiden Jokowi sekaligus kader PDIP, Gibran Rakabuming Raka. Foto Antara/R. Rekotomo

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakorsa resmi menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta periode 2021-2026. Hal itu setelah keduanya dilantik Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, pada Jumat (26/2).

Pada kesempatan itu, Ganjar juga melantik 16 pasangan kepala daerah lain di Jateng yang memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Saya Gubernur Jawa Tengah atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik Saudara-Saudari sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah," kata Ganjar dalam upacara pelatikan, yang disiarkan secara virtual, beberapa saat lalu.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berkeyakinan, belasan kepala daerah yang dilantik akan mengemban amanah dan menjalankan tugas dengan baik. "Sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan atas nama Presiden Republik Indonesia."

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta sebelumnya menetapkan Gibran dan Teguh sebagai pemenang Pilkada 2020. Penetapan dilakukan setelah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mendulang 86,53% suara. Sedangkan rivalnya, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo), hanya memperoleh 13,45% suara.