Jokowi-Amin diprediksi kuasai wilayah Mataraman Jatim

Paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin diperkirakan menguasai suara wilayah Mataraman di Jawa Timur.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo malakukan rapat kampanye terbuka di GOR Bung Hatta, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa (2/4). Alinea.id/Kudus Purnomo

Paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin diperkirakan menguasai suara wilayah Mataraman di Jawa Timur. Mataraman mengacu pada kultural wilayah bekas Kerajaan Mataram yang membentang di sisi timur dari Tuban hingga Trenggalek.

Peneliti politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie menilai, wilayah Mataraman seperti Ngawi, Nganjuk, Madiun, Trenggalek, Ponorogo, hingga Pacitan, dan daerah Jawa Timur bagian selatan lainnya, akan menjadi "milik" Jokowi. 

Dia beralasan, daerah tersebut adalah basis dukungan PDI Perjuangan dan juga PKB yang notebene pendukung utama Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun, Jerry memandang rentang jarak antara Jokowi dan Prabowo tak akan terlalu besar di Jatim lantaran tak bisa dimungkiri pengaruh Partai Demokrat lumayan besar.

"Bagi saya daerah ini masih akan didominasi Jokowi. Tapi margin-nya tak terlalu besar," katanya, Selasa (2/4).

Kendati demikian, Jerry memandang, Demokrat bisa tak ada apa-apanya di Jatim. Syaratnya, PKB dan PDIP solid menjaga suara kalangan masyarakat abangan dan santri. "Yang menjadi karateristik pemilih di Jatim," katanya.